Lama Tinggal di Jepang Munculkan Ide Pria Ini Dirikan Toko Oleh-oleh Khas Negeri Sakura  

Pengalaman cukup lama tinggal di Jepang mendatangkan ide bisnis baru bagi Sinyo, seorang wirausahawan lokal dengan menggagas toko oleh oleh khas Jepang. Sinyo kemudian mendirikan toko oleh oleh bernama Kanemochi. Dia menuturkan, ide ini bermula dari pengalaman Sinyo sang founder yang telah lama tinggal di negeri Sakura.

Dia melihat potensi dari banyaknya orang Indonesia yang tinggal dan bekerja di Jepang, namun banyak mengalami kesulitan ketika ingin membawa oleh oleh saat hendak pulang ke Indonesia. Mulai dari cara membawa oleh oleh yang ribet, biaya pajak dan bea cukai yang mahal, over capacity bagasi pesawat, hingga tidak adanya waktu membeli karena hampir tiap hari dihabiskan untuk bekerja dan lebih di pabrik sebagai Kenshusei. Dia kemudian terbersit mendirikan toko oleh oleh Kanemochi Japan Omiyage. Nama Kanemochi yang dia gunakan sebagai nama tokonya bermakna “Orang Kaya” dalam bahasa Jepang.

Nama ini dia pilih lantaran dia melihat mayoritas background orang orang Indonesia yang bekerja di Jepang biasanya memiliki kehidupan uang sederhana dan pendidikan yang biasa saja. Namun, mereka punya tekad, niat, serta usaha yang kuat untuk merantau dan merubah nasib keluarga mereka ketika pulang ke Indonesia. "Inilah harapan yang ingin dicapai dari pemilihan nama Kanemochi," ujarnya, Rabu (8/9/2021).

Saat awal berdiri, Kanemochi hanya menerima pembayaran via Yucho (Japan Post Bank) dan pembelian langsung untuk konsumen yang ada di Jepang. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah pembeli dan peminat Kanemochi semakin banyak. Bahkan para Sahabat Kanemochi, sebutan penggemar Kanemochi, bukan hanya mereka yang ada di Jepang saja, tetapi juga yang ada di Indonesia. Kini bisnis ini Kanemochi dia kibarkan di bawah naungan PT Sinyo Glori Investama. Dia juga berinisiatif melebarkan sayap penjualannya ke seluruh penjuru Indonesia.

Harapannya, siapa saja pecinta Jepang di manapun mereka berada bisa menikmati keunikan dan keunggulan semua varian produk oleh oleh khas Jepang yang semakin hari semakin bertambah banyak dan berkualitas. Sinyo juga berharap ke depannya bisa melebarkan sayap untuk menghadirkan produk produk dari negara lain yang banyak diminati oleh orang orang yang ada di Indonesia. Sehingga, tak ada lagi alasan terbatas jarak, waktu, biaya atau keadaan, karena mereka tetap bisa menghilangkan rasa rindu tanpa berkunjung ke negara negara tersebut dengan memiliki barang barang khas negara yang diminatinya.

Sejak Agustus 2018, tokonya mulai menerima transaksi via rekening Indonesia. Kemudahan berbelanja juga dia hadirkan lewat rogram gratis ongkir se Indonesia agar orang Indonesia yang berada di Jepang tak perlu lagi khawatir dengan biaya pengiriman yang mahal. Sinyo bersyukur bisnis toko oleh olehnya ini terus berkembang. Terbukti, kini dia bisa melebarkan usahanya dengan membuka toko virtual di beberapa marketplace ternama seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan JD.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published.